kalorimeter
Gambar 1. Kalorimeter

Cara penentuan kalor reaksi dengan menggunakan kalorimeter disebut kalorimetri. Data ΔH reaksi yang terdapat pada tabel-tabel umumnya ditentukan secara kalorimetris. Kalorimeter adalah suatu sistem terisolasi (tidak ada pertukaran materi maupun energi dengan lingkungan di luar kalorimeter). Dengan demikian, semua kalor yang dibebaskan oleh reaksi yang terjadi di dalam kalorimeter, tidak ada yang terbuang ke luar kalorimeter. Dengan mengukur kenaikan suhu di dalam kalorimeter, kita dapat menentukan jumlah kalor yang diserap oleh air serta perangkat kalorimeter berdasarkan rumus:

qair = m x c x ΔT

qbom = C x ΔT 

dengan,

q = jumlah Kalor;

m = Massa air (larutan) di dalam kalorimeter;

c = Kalor jenis air (larutan) di dalam kalorimeter;

C = kapasitas kalor dari bom kalorimater;

ΔT= Keniakan suhu larutan (Kalorimeter)

Oleh karena tidak ada kalor yang terbuang ke lingkungan, maka kalor reaksi sama dengan kalor yang diserap oleh air (larutan) dan bom, tetapi tandanya berbeda.

qreaksi= -(qair + qbom)

Desain dari suatu contoh kalorimater yang biasa digunakan untuk menentukan kalor dari reaksi-reaksi pembakaran ditunjukkan pada gambar di atas. Kalorimeter seperti itu disebut juga Kalorimeter BOM. Kalorimeter BOM terdiri dari sebuah bom (wadah tempat berlangsungnya reaksi pembakaran, biasanya terbuat dari bahan stainless steel) dan sejumlah air atau suatu larutan yang dibatasi dengan wadah kedap panas
Kalorimeter sederhana dapat disusun dari dua buah gelas plastik . Plastik merupakan bahan nonkonduktor, sehingga jumlah kalor yang diserap atau yang berpindah ke longkungan dapat diabaikan. Jika suatu reaksi berlangsung secara eksoterm, maka kalor sepenuhnya akan diserap oleh larutan di dalam gelas. Sebaliknya, jika reaksi yang berlangsung tergolong endoterm, maka kalor itu diserap dari larutan di dalam gelas. Jadi, kalor reaksi sama dengan jumlah kalor yang diserap atau dilepaskan larutan, sedangkan kalor yang diserap oleh gelas dan lingkungan diabaikan.

qreaksi = qlarutan.

Contact Details

Telephone:+6285262937793
Email: bambang.e.p.purba@gmail.com
Website: www.chemgo.net