Energi Disosiasi Ikatan (D)

image1

Reaksi kimia pada dasarnya terdiri dari dua proses, yang pertama adalah pemutusan ikatan antar atom dari senyawa yang bereaksi dan selanjutnya proses penggabungan ikatan kembali dari atom-atom yang terlibat reaksi sehingga membentuk susunan baru. Proses pemutusan ikatan merupakan proses yang memerlukan kalor (endoterm),

sedangkan proses penggabungan ikatan adalah proses yang membebaskan kalor (eksoterm). Kalor yang diperlukan untuk memutuskan ikatan oleh satu mol molekul gas menjadiatom-atom gugus dalam keadaan gas disebut energi ikatan. Sedangkan Energi disosiasi ikatan (D) merupakan energi yang diperlukan untuk memutuskan salah satu ikatan 1 mol suatu molekul gas menjadi gugus-gugus molekul gas.

Contoh:
CH4(g) → CH3(g) + H(g) △H = +425 kJ/mol
CH3(g) → CH2(g) + H(g) △H = +480 kJ/mol
Reaksi tersebut menunjukkan bahwa untuk memutuskan sebuah ikatan  C - H dari molekul CH4 menjadi gugus CH3 dan atom gas H diperlukan energi sebesar 425 kJ/mol,tetapi pada pemutusan ikatan C - H pada gugus CH3 menjadi gugus CH2 dan sebuah atom gas H diperlukan energi yang lebih besar, yaitu 480 kJ/mol. jadi meskipun jenis ikatannya sama tetapi dari gugus yang berbeda diperlukan energi yang berbeda pula.